Kamus Besar Bahasa Indonesia

situ pendatang ke...

Sunday, January 22, 2012

Berdasarkan KBBI

Dimulai dari judul blog gue dulu
Atau bisa ngetik sendiri tuh di Gadget Kamus Besar Bahasa Indonesia.
(BIRU: Itu gue sengaja tandain. MERAH: Agak sedikit bertentangan)

Aneh dan Tidak ajaib
Aneh:
[a] tidak spt yg biasa kita lihat (dengar dsb); ajaib; ganjil: memang -- kalau ada kambing berkepala dua; aneh-aneh adv macam-macam
dan:
[p] penghubung satuan bahasa (kata, frasa, klausa, dan kalimat) yg setara, yg termasuk tipe yg sama serta memiliki fungsi yg tidak berbeda: ayah -- ibu, bibi -- paman, serta para anak, cucu, -- kemenakan bersama-sama merayakan 50 tahun perkawinan nenek mereka

[n Olr] kelas atau tingkatan (I, II, III, IV, dsb) untuk yudo, karate, kempo
 
Tidak:
ti.dak
[adv] partikel untuk menyatakan pengingkaran, penolakan, penyangkalan, dsb; tiada: tempat kerjanya -- jauh dr rumahnya; apa yg dikatakannya itu -- benar
 
ajaib:
aja.ib
[a] ganjil; aneh; jarang ada; tidak spt biasa; mengherankan: pertunjukan yg --; (2) n Sas cak sesuatu yg aneh; keheranan; yg tidak dapat diterangkan dng akal: itulah -- Allah

[n Bio] anyaman yg terjadi pd gumpalan ginjal yg arteri darahnya berubah menjadi kapiler, kemudian bersatu kembali menjadi arteri
---------------------------------------------------------------------------------
Yang gue biru-in
tidak spt yg biasa kita lihat: Ya, gue tau itu.
penghubung: Ya, gue tau itu kalo gue itu penghubung.
penolakan: Sh*t, pantesan gue sering ditolak.
jarang ada: Ya ya ya, orang kayak gue emang jarang ada. Atau bisa dibilang cuma 1. Iya iya gue tau.
---------------------------------------------------------------------------------

Sekarang kata-kata yang lain:
Anjir:
an.jir
[n] terusan; saluran (air); kanal: -- yg dibangun tidak dapat digunakan lagi untuk lalu lintas kendaraan air yg besar
 
Sabi:
Sa.bi
[n] (1) penganut agama yg berpedoman pd ajaran Seth dan Enoch; (2) orang yg mengingkari keyakinan sendiri; murtad
Galau:
ga.lau
[a] ber.ga.lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran)
Rancu:
ran.cu
[a] tidak teratur; campur aduk; kacau (tt berpikir,bahasa)
 

Gue bingung mau kata apalagi.
Kalo ada yang mau nambahin, terus kalo di KBBInya ada, ntar gue masukkin ke post ini deh ya.


No comments:

Post a Comment